Bupati Luwu Lepas 18 Tenaga Kesehatan Program Nusantara Sehat


Luwu – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang melepas 18 tenaga kesehatan dari Program Nusantara Sehat yang telah habis masa tugasnya pada 18 agustus 2019 mendatang. Ke 18 tenaga kesehatan ini dilepas oleh Bupati Luwu di ruang kerjanya, Selasa (13/8/2019).

Dalam sambutannya, H Basmin Mattayang mengucapkan rasa terima kasih pemerintah kabupaten Luwu beserta jajarannya kepada para tenaga kesehatan yang telah bertugas selama dua tahun di beberapa daerah terpencil dalam wilayah kabupaten Luwu.

“Atas nama pemerintah kabupaten Luwu, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi ade-ade dalam membantu pemerintah kabupaten Luwu memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di daerah terpencil dalam wilayah kabupaten Luwu ini. Ucapan terima kasih pula kepada Kepala Puskesmas yang telah menerima adik-adik kita ini serta membimbingnya selama melaksanakan tugas pengabdiannya”, kata H Basmin Mattayang

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan bidang kesehatan. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. 

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK). Juga mempunyai  tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK. 

Untuk kabupaten Luwu, tenaga kesehatan yang berjumlah 18 orang, terdiri dari profesi dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, apoteker dan tenaga laboratorium. Tenaga kesehatan tersebut bertugas sejak 18 agustus 2017 hingga 18 agustus 2019, ditempatkan dan disebar di empat kecamatan, yaitu Puskesmas Walenrang Barat, Puskesmas Bajo Barat, Puskesmas Latimojong dan Puskesmas Bastem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel