Dra. Hj. Marhati B Hidayat, Toga Panutan Perempuan Tanah Luwu Menghadap Sang Khalik


Makassar - Salah satu Tokoh Agama Perempuan terkemuka di Tanah Luwu yang juga merupakan sosok inspiratif bagi kaum Hawa Bumi Sawerigading Dra. H. Marhati B Hidayat, menghadap Sang Khalik pada hari Ahad (04/08/19), di RS Bhayangkara Makassar, Jl. A. Mappaoddang No.63, Jongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan sekitar jam 03.15 WITA.

Menurut keterangan dari pihak keluarga, Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya setelah mengidap penyakit tumor pankreas. Ratusan tokoh masyarakat Wija To Luwu menyempatkan hadir di kediaman almarhumah saat di semayamkan Ahad sore lalu, sebelum jenazah beliau dikebumikan di pekuburan Islam keluarga Taddette, Desa Senga Selatan, Belopa, tepat disamping makam Almarhum suaminya. Umumnya masyarakat Kabupaten Luwu yang tau kabar duka ini langsung mengucapkan bela sungkawa via berbagai akun sosmed.

Sosok Hj. Marhati memang terkenal aktif di dunia pendidikan Agama Islam semasa hidupnya. Tokoh perempuan yang satu inipun disebut eksis berkecimpung dalam organisasi Islam Muhammadiyah baik di Makassar maupun di Tana Luwu. Beliau juga adalah pendamping hidup dari salah seorang mantan Legislator legendaris DPRD Luwu lima periode dari Partai Golkar (Alm) H. Baso Hidayat,BA, yang juga telah wafat pada tahun 2010 silam.

Ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Ketua BKMT Luwu dua periode ini bahkan datang dari tokoh berbagai penjuru se-Tanah Luwu, tak terkecuali dari Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu Dr. Hj. Hayarna Hakim SH, M.Si, yang tak lain adalah salah satu murid Almarhumah.

“Wafatnya Ibunda Hj Marhati B Hidayat ini bukan hanya menjadi kabar duka masyarakat Kabupaten Luwu, tetapi juga saya sangat merasa kehilangan sosok guru agama Islam panutan, sekaligus Ibu dan kaum perempuan organisatoris di Tana Luwu ini. Kami tidak akan menjadi apa-apa dan bukanlah siapa-siapa saat ini jika bukan karena sentuhan ilmu pendidikan dan ilmu agama dari beliau, ” ungkap Hj. Hayarna.

Berkat buah tangan Hj. Marhati, dirinya dan banyak tokoh lainnya di Tana Luwu diajarkan prinsip-prinsip untuk menggapai kesuksesan hidup  dengan tetap mengedepankan keagamaan. ”Beliau menanamkan kami sejak kecil, untuk mengejar setinggi-tingginya ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Saya ingat sekali yang dipesankan kepada kami, janganlah kita ini coba-coba hidup didunia ini tanpa dibekali ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Saya ingat sekali kala beliau mengajar kami, meskipun jam pelajaran sudah habis, kami masih mau melanjutkan pelajaran asal beliau yang mengajar, ” lanjut Hj. Hayarna.

Dengan masa kerja 40 tahun, Almarhumah Hj. Marhati B meninggal dunia diusia 70 tahun lebih 8 bulan, meninggalkan 6 orang anak, 6 orang menantu dan 10 orang cucu. Dimata keluarga, Almarhum bukan hanya sosok Ibunda yang sangat dicintai anak-anaknya, beliau juga dikenal sebagai pribadi yang sangat berjiwa sosial dan senang berderma di jalan Allah. ”Almarhumah adalah sosok Ibunda panutan buat kami di keluarga. Beliau selalu menasehati kami untuk saling menghargai, saling memotivasi kami bersaudara dan tiada henti mennyampaikan kepada kami untuk selalu taat menjalankan agama dan meminta menuntut ilmu pengetahuan setinggi-tingginya, ” Kenang putra sulungnya, Ir Ahmad Muzakkir Hidayat MT.

Daftar Riwayat Hidup :

Nama : Dra Hj Marhati B Hidayat (almh)
Ttl : Padang-Padang, 25 Desember 1948
Profesi : Guru Agama Islam
Suami : H Baso Hidayat, BA (alm)

Putra-Putri :

* Ir Ahmad Muzakkir Hidayat MT
* Ahmad Jamal B Hidayat ST, MSP
* Ahmad Gazali Hidayat, SE
* Ahmad Jamil Hidayat, SE
* Ir Rahmi B Hidayat, M.Si
” Rahma B Hidayat SKM, M.Kes

Pendidikan :

* SR Neg Bajo 1961
* PGA Neg 6 tahun palopo 1964
* PGA Neg 6 th Makassar 1966
* Sarjana Muda IAIN Tahun 1986
* Sarjana (S1) Tahuh 1990

Oganisasi :

* Muhammadiyah Makassar
* Muhammadiyah Luwu
* Ketua BKMT Kab Luwu 2009-2016

Karir :

* Terangkat PNS Tahun 1968
* Guru PGA Palopo 1972-1983
* Guru MTs Negeri Belopa 1987-1991
* Penilik Pendais Kec. Belopa 1994-1999
* Pengawas Pendais 2001-2009
* Pangkat terakhir lV/b 2009
* Masa kerja 40 tahun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel