Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Gelar Gebyar Pesta Siaga


PALANGKARAYA - Kepramukaan berperan penting dalam pendidikan karakter anak bangsa Indonesia. Kepramukaan mengajarkan generasi muda dalam pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan sehingga dapat menjadi kader bangsa dan kader pembangunan yang beriman, bertaqwa dan berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki tanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian ditegaskan Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri pada upacara pembukaan Pesta Siaga Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019 di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Minggu pagi (13/10/2019).

Gubernur Sugainto Sabran menilai sangat tepat anak-anak peserta Pesta Siaga memilih Gerakan Pramuka sebagai kegiatan Ekstrakurikuler sebagaimana amanat Permendikbud Nomo: 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai ekskul wajib di Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.“Pentingnya pendidikan kepramukaan ini terutama untuk pembentukan karakter, mental dan watak serta kepribadian yang memiliki semangat bela negara, jiwa patriot, semangat membangun dan sebagai perekat bangsa. Saya harapkan kepada seluruh pelatih, pembina dan orang tua agar bisa saling bekerjasama dalam pembinaan kepramukaan,” ujarnya.

Gubernur mengharapkan Pesta Siaga ini menghasilkan Pramuka Siaga yang disiplin serta menambah wawasan dan pengalaman. “Kegiatan Pesta Siaga yang kita laksanakan sekarang dapat menghasilkan Pramuka Siaga yang disiplin, setia kawan, sederhana, jujur, cerdas dan penuh semangat serta mengamalkan Dwi Satya dan Dwi Darma. Rangkaian lomba ini juga diharapkan dapat melatih Pramuka Siaga  untuk  menambah wawasan dan pengalaman serta bekal keterampilan”, imbuhnya.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah  Ivo Sugianto Sabran mengharapkan anak-anak Pramuka Siaga dapat menikmati semua kegiatan lomba Pesta Siaga sekaligus sebagai wadah memperbanyak teman dan wawasan.  "Anak-anakku, pada hari ini kalian mengikuti Pesta Siaga Ceria. Bunda harapkan, memang nanti ada lomba dan permainan, tapi di sini jadikanlah ajang untuk menambah kawan, wawasan dan pengetahuan. Pokoknya, jadikan lomba-lomba, permainan ini hal yang menyenangkan, jangan menegangkan, kita semua harus senang." terang Ivo Sugianto Sabran.

Upacara pembukaan Pesta Siaga tersebut dihadiri Wakil Ketua Kwarda Kalteng Mofit Saptono dan Ketua Harian Kwarda Ibnu Elmi AS Pelu serta sejumlah pengurus Kwarda Kalteng, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya dan Ketua Mabigus se-Kota Palangka Raya yang diikuti 1.064 orang peserta terdiri dari 473 Siaga Putra, 467 Siaga Putri dan 124 Pembina Damping.

Gebyar Pesta Siaga yang berlangsung sehari itu dimeriahkan dengan berbagai  lomba antara lain  Siaga Mandiri, Siaga Ceria Game, Siaga Mewarnai dan Menggambar serta Siaga Kolase, termasuk edukasi dan sosialisasi mengenai Stunting, Gerakan Ayo Makan Ikan, Pencegahan dan Penanggulangan Bencana dan Gerakan Ayo Minum Susu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel