Tingkatkan Pemahaman akan Hak Penyandang Disabilitas, Finalis Duta Muda ASEAN Sapa Masyarakat di Car Free Day


​Jakarta -  Tingkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap hak-hak penyandang disabilitas, Duta Muda ASEAN – Indonesia 2019 (DMAI 2019 menyapa masyarakat di Car Free Day  (CFD) pada Minggu, 13 Oktober 2019.

Kegiatan CFD – DMAI 2019 ini sesuai dengan dokumen “ASEAN Enabling Masterplan 2025: Mainstreaming the Rights of Persons with Disabilities" yang telah disahkan oleh para Pemimpin Negara Anggota ASEAN pada tahun 2018.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai ASEAN, sekaligus mempromosikan program DMAI 2019.

Sebanyak 20 (dua puluh) orang finalis DMAI 2019 ikut memeriahkan acara CFD dengan kegiatan interaktif yang mencakup pengenalan ASEAN kepada masyarakat, kuis, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu-lagu lainnya dengan bahasa isyarat, senam kesegaran jasmani, story-telling dan perkenalan DMAI 2019. Masyarakat umum yang mengikuti kegiatan CFD dan dapat menjawab pertanyaan seputar ASEAN mendapat hadiah berupa kaos, tumbler, dan topi berlatar belakang ASEAN.

“Kegiatan CFD DMAI 2019 ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan awareness masyarakat mengenai ASEAN sekaligus memperkenalkan mitra baru yakni para Duta Muda ASEAN – Indonesia. Selain itu juga untuk memperkenalkan salah satu isu sosial yang penting kepada masyarakat terkait hak-hak para penyandang disabilitas," tegas Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN, Riaz J. P. Saehu. 

Program Duta Muda ASEAN – Indonesia (DMAI) merupakan kegiatan yang digagas oleh Kementerian Luar Negeri R.I. sejak tahun 2007 yang melibatkan generasi muda dan mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Melalui program DMAI diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal ASEAN yang memberikan banyak manfaat.  

​Para finalis DMAI 2019 mengikuti program orientasi selama 1 minggu, dari tanggal 7 hingga 13 Oktober 2019. Selama orientasi, para finalis DMAI 2019 akan mendapatkan pemahaman mengenai perkembangan kerja sama ASEAN pada pilar Politik Keamanan, Ekonomi dan Sosial Budaya, public speaking, kunjungan ke Sekretariat ASEAN, cocktail reception yang dihadiri perwakilan asing, serta acara CFD. Puncak rangkaian kegiatan adalah acara Malam Final Pemilihan DMAI 2019 yang berlangsung di iNews pada tanggal 14 Oktober 2019.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel