Kodim 0734/Yogyakarta Memupuk semangat toleransi melalui Saka Wira Kartika


Yogyakarta - Untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Kodim 0734/Yogyakarta menggelar Kegiatan Upacara Perkemahan sabtu minggu Saka Wira Kartika dan  Diksar Wira Kartika Kodim 0734/Yka yang bertempat di Lapangan Makodim 0734/Yka. Sabtu(23/11/2019)

Upacara di buka oleh Kepala Staf Kodim 0734/Yka Letnan Kolonel Arh  Tjatur Supriyono, S.Si., M.sc., dalam amanatnya Kasdim menyampaikan kegiatan ini pada dasarnya merupakan sebuah implementasi dari program kegiatan kepramukaan dilingkungan TNI AD sebagai salah satu wadah kepramukaan dilingkungan TNI. Dengan berdirinya Saka Wira Kartika maka dimulainya era baru keikutsertaan TNI AD dalam memajukan gerakan pramuka secara nasional khususnya diwilayah Kodim 0734/Yka sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda berbasis pada Nasionalisme, Cinta Tanah Air atau semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi bela negara.

Persami Pramuka Saka Wira Kartika yang diselenggarakan Kodim 0734/Yka ini mengusung tema “TNI AD Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika Siap Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Mempererat Ke-Bhinekaan Tunggal Ika-an Demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Di tempat terpisah Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M. Hum menyampaikan, “hal ini dapat dijadikan sebagai sarana dan semangat dalam mencapai tujuan pembinaan generasi muda yang mampu membangkitkan kembali suasana kebersamaan untuk menumbuhkan semangat juang dan bela negara secara dini,” ucapnya.

“Untuk itu, saya berharap agar anggota Pramuka sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, harus sudah siap untuk menyongsong masa depan pembangunan dengan cara ikut serta berperan aktif, kreatif dan inovatif dalam semua sisi dan gerak dinamika pembangunan,” sambungnya.

"Disisi lain melalui saka wira kartika, terus kita bangun soliditas dan semangat toleransi dalam perbedaan. Kerjasama yabg terus dilatihkan selama kegiatan akan mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada, sebaliknya menumbuhkan saling pengertian dalam mencapai satu tujuan", pungkasnya.

Rangkaian kegiatan pembukaan Pramuka, menurut Pasi Teritorial Kodim 0734/Yka Kapten Arm Paeco diisi dengan materi pengenalan Saka Wira Kartika, Navigasi darat, PBB, Teknik mendirikan tenda, pengenalan jemparing dan Outbond serta  penampilan yel-yel dari masing-masing peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 100 anggota Saka Wira Kartika dari berbagai SMA dan SMK se Kota Yogyakarta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel