Penangkaran Ikan Arwana di Sungai Tabuk Banjarmasin


KORAN.PEDOMAN BANJARMASIN – Asisten Deputi (Asdep) Hilirisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Amalyos melakukan peninjauan lapangan site penangkaran ikan arwana di kawasan Sungai Tabuk, Banjarmasin, Jumat (10-07-2020). Dalam peninjauannya ini, Asdep Amalyos didampingi oleh pemilik ikan arwana itu sendiri, Arief Hardjadinata (pemilik PT. Kresnapusaka Tirtalestari).

Dalam penangkran di Sungai Tabuk ini terdapat ratusan jenis ikan arwana yakni arwana banjar merah, arwana silver, arwana green, dan arwana hitam, dengan mulai dari yang kecil (baru lahir) hingga ikan yang siap dijual yakni ikan dengan minimal panjang sekitar 12 cm.

Dalam peninjauan ini, Arief selaku pemilik juga memperlihatkan bagaimana proses penanaman microchip pada ikan arwana, mulai dari memilih ikan yang dianggap sudah sesuai ukuran yang tentu sehat, kemudian dipindahkan ke dalam wadah yang sudah berisi air biusan ikan, hingga bagaimana cara penanaman chip dengan proses suntik.

“Ini usaha yang bagus, meningkatkan juga ekonomi daerah. Memang sempat ‘turun’ saat awal pandemi, tapi terus kami benahi dan usahakan agar usaha seperti ini semakin berkembang,” pungkas Deputi Amalyos.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel