KPK Lakukan Koordinasi Penindakan Di Provinsi Kalimantan Utara


KORAN.PEDOMAN KALIMANTAN UTARA KPK - Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan koordinasi penindakan di Provinsi Kalimantan Utara, yang berlangsung pada 3-7 Agustus 2020. KPK mengkoordinasikan data Surat Perintah Dimulainya Penyidikan dan koordinasi perkembangan penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi.

“Sangat penting untuk melakukan koordinasi di Kalimantan Utara, karena merupakan provinsi termuda sehingga perlu dilakukan pendampingan,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu, 12 Agustus 2020.

Dalam kegiatan ini, KPK berkoordinasi dengan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung dan Badan Reserse Kriminal Kepoliain. Masing-masing lembaga tersebut menugaskan petugas pendamping yang diikutsertakan dalam kegiatan koordinasi ini.

Koordinasi pertama yang dilakukan KPK adalah dengan menggelar rapat koordinasi di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur pada Senin, 3 Agustus 2020. Pasalnya, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Utara masih menginduk kepada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur di Samarinda. Koordinasi ini dihadiri oleh Jaksa Jampidsus Kejaksaan Supracoyo dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Supardi.

Selama tahun 2018-2020 Kejaksaan Tinggi Kalimantan Utara telah menangani sepuluh perkara Tindak Pidana Korupsi dan telah memasukkannya ke dalam Sistem SPDP Online yang dikelola bersama Kepolisian, Kejaksaan dan KPK.

Hari selanjutnya, yakni Selasa, 4 Agustus 2020, KPK menggelar rapat koordinasi di Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa dan Pengawas Keuangan Kalimantan Utara di Tarakan yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BPKP Kaltara R. Bimo Gunung Abdul Kadir dan Koordinator Pengawasan Investigasi Hisyam Wahyudi.

Hari terakhir, yakni pada Kamis, 6 Agustus 2020, KPK menggelar rapat koordinasi di Kantor Kepolisian Daerah Kalimantan Utara di Tanjung Selor yang dihadiri oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Erwin Zadma, S.I.K, Dirreskrimsus Polda Kaltara KBP Thomas Panji Susbandaru, S.I.K, KBP Christian Tory, S.I.K dan AKBP Rendra dari Bareskrim Kepolisian.

Dari hasil koordinasi dengan tiga lembaga tersebut, bulan November 2020, KPK akan mengadakan pelatihan untuk para auditor dan aparat penegak hukum di Kalimantan Utara. 

Salah satu materi yang diusulkan dalam pelatihan ini adalah terkait Tindak Pidana Korupsi dalam Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum dan pada Perizinan Pengelolaan SDA antara lain Pertambangan dan Kehutanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel